Cara Menggunakan Aplikasi Periscope

Posted by

Cara Menggunakan Aplikasi Periscope - Twitter baru-baru ini merilis sebuah aplikasi baru untuk perangkat Android dan iOS yang bernama Periscope. Aplikasi ini menghadirkan fitur live streaming untuk sosial media. Secara sekilas Periscope seperti aplikasi Meerkat yang cukup populer di kawasan Eropa dan Amerika. Aplikasi Periscope memungkinkan para penggunanya untuk menonton atau membuat video live streaming. Artinya, video yang sedang kita rekam dapat disaksikan oleh pengguna lain secara langsung, persis seperti siaran langsung yang ada di televisi.

Kita juga dapat melakukan interaksi dengan pengguna lainnya ketika proses live streaming sedang berlangsung. Para penonton bisa memberikan komentar dan simbol hati atau heart untuk video yang sedang ditontonnya. Semakin banyak heart yang didapatkan, maka video tersebut akan semakin populer di kalangan pengguna.

Jika proses live streaming telah selesai, maka video yang kita buat tersebut akan disimpan di dalam server Periscope selama 24 jam sebelum dihapus secara otomatis. Kita juga dapat menyimpan video tersebut di dalam memori smartphone jika ingin menontonnya lagi di kemudian hari.

Membuat Akun Periscope
Cara Menggunakan Aplikasi Periscope
Setelah melakukan install , kini Anda dapat langsung membukanya dan membuat akun untuk aplikasi Periscope ini. Karena aplikasi ini buatan Twitter, maka secara otomatis Anda harus memiliki akun Twitter terlebih dahulu agar dapat menggunakannya.

Silahkan klik tombol “Sign in with Twitter” jika Anda sudah memiliki akun Twitter. Jika belum memilikinya, Anda juga dapat mengklik “Sign in with phone number” untuk masuk dengan menggunakan nomor handphone Anda.

Selanjutnya Anda akan diminta untuk memasukan username dan password Twitter untuk melakukan autorisasi. Kemudian silahkan masukan nama lengkap sekaligus username yang akan Anda gunakan untuk akun Periscope. Jika sudah, silahkan klik tombol “Create account”.

Pada layar selanjutnya Periscope akan menampilkan daftar pengguna yang mungkin ingin Anda follow. Daftar tersebut diambil dari Twitter sehingga teman-teman yang Anda follow di Twitter akan tampil di sana. Jika tidak ingin melakukan langkah ini sekarang, silahkan klik tombol “Skip”.

Cara Menggunakan Periscope
Cara Menggunakan Aplikasi Periscope

Setelah proses registrasi selesai, kita bisa langsung mulai menggunakannya. Cara menggunakan Periscope ini sangatlah mudah karena tampilan antarmukanya sangat sederhana. Layar utamanya mirip seperti feed tumblr, di mana Anda dapat melakukan scrolling dari atas ke bawah untuk melihat berbagai koleksi video dari pengguna lain.

Terdapat berbagai macam video yang akan Anda temukan di sana, mulai dari video seseorang sedang bernyanyi, hingga video jalan-jalan di museum. Silahkan klik salah satu video tersebut untuk melihat tayangan live streaming yang disajikannya.

Di sebelah kiri bawah dari video tersebut Anda akan melihat berbagai komentar dari penonton yang lainnya. Anda juga dapat ikut memberikan komentar atau memberikan arahan dengan menuliskannya pada kolom yang sudah disediakan.

Sedangkan di sebelah kanan bawah Anda akan melihat animasi simbol hati bermunculan. Simbol hati tersebut akan muncul apabila ada penonton yang menyentuh layar sebagai tanda suka. Tidak seperti Facebook yang hanya mengizinkan sekali like, Anda dapat memberikan tanda suka tersebut sebanyak-banyaknya di Periscope.

Melakukan klik berkali-kali pada layar juga sering diartikan sebagai applause dari para penonton untuk tayangan yang menarik. Semakin banyak simbol hati yang didapatkan, maka semakin menarik pula video yang ditayangkan tersebut.

Untuk kembali ke halaman utama Anda hanya tinggal mengklik tombol silang di pojok kanan atas. Halaman utama tersebut dilambangkan dengan simbol bumi. Terdapat dua ikon lainnya di samping simbol tersebut, yakni ikon TV dan iklan orang.

Dengan mengklik ikon TV Anda akan dibawa ke daftar video yang sedang disiarkan oleh teman Anda. Sedangkan pada ikon orang Anda akan menemukan daftar pengguna Periscope yang populer di dunia dan mungkin ingin Anda follow.

Cara Menggunakan Aplikasi Periscope

Di pojok kanan layar Anda akan menemukan ikon yang akan membawa Anda ke halaman profil. Di sana Anda akan melihat profil Anda sendiri, jumlah orang yang Anda follow, dan jumlah follower yang Anda miliki. Di bawahnya terdapat menu Settings untuk melakukan berbagai pengaturan.

Dalam menu pengaturan tersebut Anda dapat mengaktifkan fitur Autosave Broadcast. Dengan begitu, video yang telah Anda rekam akan tetap tersimpan dalam camera roll meskipun server Periscope telah menghapusnya dalam waktu 24 jam.

Sekian Cara Menggunakan Aplikasi Periscope. Bagi yang ingin bertanya atau menambahkan bisa melakukannya pada kolom komentar, bila ingin mendapatkan update artikel pada blog saya bisa mengikuti lewat email.


Blog, Updated at: 8:41 AM

0 komentar:

Post a Comment