Cara Mengatasi Masalah Blue Screen

Posted by

Cara Mengatasi Masalah Blue Screen – Setelah sebelumnya saya telah berikan Cara Mengatasi Black Screen pada Windows, kali ini saya akan berikan error lain yang sering terjadi pada PC / Komputer yaitu Blue Screen. Blue screen adalah salah satu kerusakan pada sistem operasi windows, blue screen dapat di sebabkan oleh banyak kasus, seperti virus atau kerusakan pada komponen komputer atau laptop terjadi kerusakan. Kerusakan layar biru atau blue screen tentunya membuat kesal bagi kita yang sedang membutuhkan Komputer, berikut akan saya berikan cara mengatasinya tapi sebelum kita masuk bagian tutorial, ada baiknya akan saya bahas dulu pesan error yang biasanya muncul saat atau setelah blue screen.
Cara Mengatasi Masalah Blue Screen
Blue Screen

"IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0X0000000A)" : Bila Error seperti ini terjadi saat bluescreen muncul, perintah ini menunjukan bahwa komputer Anda mengalami masalah Driver yang bentrok atau tidak cocok, Permasalahan pada Video Card, VGA terganggu biasanya disebabkan program yang diinstal berlebihan atau tidak support, serta dapat juga karena masalah audio seperti kesalahan konfigurasi driver sound card.

"NTFS_FILE_SYSTEM atau FAT_FILE_SYSTEM (0X00000024)" : Bila Error seperti ini terjadi saat bluescreen, perintah ini dapat menunjukan error akibat komputer mengalami kesalahan pemasangan hardisk. Perintah diatas sering juga muncul seperti berikut "NTFS_FILE_SYSTEM atau FAT_FILE_SYSTEM (0X00000023)", kedua pesan error ini memiliki sama penyebab masalah.

"UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0X0000007F)" : Bila Error seperti ini terjadi saat bluescreen muncul, perintah ini menunjukan bahwa komputer Anda mengalami masalah RAM yang kotor, komponen komputer yang terlalu panas, Hardware yang berlebihan.

"VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE" : Bila Error seperti ini terjadi saat bluescreen muncul, perintah ini menunjukan bahwa komputer Anda mengalami masalah karena kesalahan saat instal, biasanya Driver VGA atau driver lain.

"PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA" : Bila Error seperti ini terjadi saat bluescreen muncul, perintah ini menunjukan bahwa komputer Anda mengalami masalah kesalahan terjadi pada hardware. hardware mengalami kerusakan biasanya penyebabnya bersumber dari RAM, Hardisk, VGA ataupun mainboard.

Itu pesan yang sering terjadi ketika komputer Anda mengalami bluescreen, silahkan sesuaikan dengan perintah yang terjadi pada komputer Anda sehingga kemungkinan bluescreen kembali menjadi kecil. Berikut ini sedikit tips cara mengatasinya : 

Lakukan pembersihan Hardisk 
Hardisk merupakan komponen penting, mungkin yang terpenting tapi juga selalu menjadi sumber terjadinya error. Melakukan pembersihan hdd dapat dengan membuang file yang crash serta tidak berguna dan juga lakukan Defragment pada hardisk Anda secara berkala.

Uninstal Program
Kerap kali kita asal melakukan instal program yang tidak berguna. Bila komputer Anda mengalami bluescreen ada baiknya cek lagi program / Aplikasi apa saja yang terinstall. Buang yang tidak perlu, karena nantinya juga akan membuat loading komputer menjadi lebih cepat.

Lepas dan bersihkan komponen
Cara ketiga ini khusus untuk Anda yang telah mempunyai pengalaman membongkar PC / Komputer. Lepas serta bersihkan komponen seperti RAM, VGA dan hardisk, dapat dibersihkan dengan penghapus atau tisu kering.

Gunakan bantuan Software / Aplikasi
Cara terakhir dari saya adalah dengan menginstal software yang fungsinya secara khusus untuk memberi informasi apabila software yang kita install crash / corrupt dan juga file sampah yang harus dibuang untuk meningkatkan kinerja komputer. Software yang menurut saya punya fungsi maksimal adalah Baidu atau Anti Crash.

Sekian Cara Mengatasi Masalah Blue Screen yang dapat saya berikan kepada kalian. Bagi yang ingin bertanya atau menambahkan bisa melakukannya pada kolom komentar, semoga artikel saya dapat memberikan informasi. Bila dirasa berguna dan ingin mendapatkan update artikel pada blog saya bisa bergabung dengan melakukan join this site.


Blog, Updated at: 12:20 AM

0 komentar:

Post a Comment