Sinopsis dan Review Film Argo

Posted by

Sinopsis dan Review Film Argo – Meski tidak pernah menjadi aktor yang masuk kategori bagus banget, tapi Ben Affleck memang berbakat. Bahkan ketika masih muda, dia berhasil memenangi Oscar untuk kategori Best Screenplay lewat Good Will Hunting bersama sahabatnya, Matt Damon. Nah setelah menjadi sutradara dalam film Gone Baby Gone dan The Town, pada tahun 2012 Affleck kembali dengan Film Argo yang mengambil cerita tentang agen CIA Tony Mendez yang menyelamatkan enam diplomat AS dari Iran selama krisis Revolusi Iran tahun 1979. Iya akhirnya tidak hanya dinominasikan dalam 7 kategori Oscar 2013, tapi Argo juga sukses memenangkan kategori paling bergengsi yaitu Best Picture atau film terbaik. Meski anehnya Ben Affleck bahkan tidak masuk nominasi Best Director.

Mengambil genre Thriller Politik, Argo dimulai dengan gambaran singkat hubungan AS-Iran abad dua puluh. Intelijen AS dan Inggris membantu menggulingkan perdana menteri Iran yang dipilih secara demokratis dan mengangkat Shah Reza Pahlevi, yang kemudian menjadi diktator. Setelah bertahun-tahun penindasan, Shah dikudeta oleh pemimpin syiah- Ayatollah Khomeini dan kabur ke AS. Saat itulah terjadi ketegangan antara AS dan Iran dimana Iran menuntut AS memulangkan Shah untuk diadili. Tetapi karena AS menolak, massa di Iran pun menduduki kedutaan besar AS di Tehran dan menyandera 52 staff diplomatik. Di tengah kekacauan, 6 diplomat yang terdiri dari 4 pria dan 2 wanita berhasil melarikan diri dan bersembunyi di dalam duta besar Kanada.

http://leonardfresly.blogspot.com/


Sementara itu Di Amerika Serikat, CIA mencari cara paling aman untuk menyelamatkan 6 diplomat. Tony Mendez (Ben Affleck) mendapat ide yakni berpura-pura menjadi produser film yang mengambil lokasi di Iran dan kemudian menerbangkan 6 diplomat keluar dari Iran yang akan menyamar sebagai kru film. Dan meski sempat mendapat kritik tapi bersama dukungan make up pemenang Oscar John Chambers (John Goodman) & Lester Siegel (Alan Arkin) sebagai produser, Mendez pun berhasil merancang skenario film “jadi – jadiannya” berjudul Argo.

Overall, Argo menjadi film yang meski menceritakan sejarah heroisme Amerika, biasanya film seperti ini cenderung membosankan tapi tidak dengan film ini. Plot Cerita yang baik, casts yang menarik dan candaan lucu yang hadir di tengah thriller menegangkan. Untuk seorang director muda, Ben Affleck patut dapat apresiasi lebih.
http://leonardfresly.blogspot.com/


Blog, Updated at: 12:22 AM

0 komentar:

Post a Comment