Cara mengatasi kerusakan/Bootloop pada Android

Posted by

Cara Mengatasi Kerusakan/Bootloop pada Android - Bootloop Android adalah masalah yang biasa dialami oleh android user, bagi yang belum mengetahuinya arti dari bootloop itu sendiri adalah kerusakan pada sistem android dimana kita tidak dapat melakukan start up sampai masuk ke menu utama, kita akan terus mental lagi ke saat awal menyalakan Android dan hal itu terjadi terus menerus sampai akan berakibat kita tidak bisa menggunakan Androidnya lagi. Penyebab Bootloop pada Android sendiri berbeda-beda oleh sebab itu cara mengatasinya pun berbeda-beda, jadi sebaiknya kita mengetahui kerusakan / bootloop apa yang sedang dialami oleh Android kita sendiri tapi tenang bagi yang belum mengetahui disini saya akan mencoba memberi beberapa ciri kerusakan serta tips untuk mengatasi bootloop pada Android:

http://leonardfresly.blogspot.com/

Android Light Bootloop
Ini merupakan tahap kerusakan/bootloop yang cukup mudah untuk diatasi. Hal seperti ini biasanya terjadi akibat menginstall apk atau bermain game lalu tiba-tiba Android restart tetapi malah terjadi bootloop. Cara mudah mengatasinya ialah dengan mencopot baterai dari android kalian lalu pasang kembali dan aktifkan lagi seperti biasa. Tetapi mungkin untuk tablet agak sedikit sulit, hal ini dikarenakan baterai terhubung langsung dengan perangkat, bagi kalian pengguna tablet saran saya bisa minta tolong pada counter-counter pulsa untuk melakukannya, kalau trik saya sih sambil melakukan pengisian pulsa pada counter tersebut.

Android Medium Bootloop
Berikutnya tahap kerusakan/bootloop medium, iya seperti namanya level kerusakan pada tahap bootloop ini merupakan level menengah biasanya terjadi ketika kalian mencoba untuk mengotak-atik atau mengoprek sistem pada Android. Bootloop yang terjadi pada tingkat seperti ini masih bisa diselamatkan, karena setidaknya masih bisa masuk ke dalam menu recovery mode. Cara mengatasinya untuk bootloop seperti ini membutuhkan komputer atau PC windows dan file recovery image agar nantinya untuk restore boot image baik yang original ataupun CWM. Cara tersebut dapat dilakukan apabila sudah pernah melakukan backup sebelumnya, dan bagi  kalian yang belum melakukan backup bisa menggunakan file recovery dengan tipe Android yang sama.

Android Hard Bootloop
Tahap terakhir kerusakan/booloop pada Android yaitu Android hard bootloop, Bootloop level terakhir pastinya merupakan level dewa seperti kalau kita bermain game raja terakhir biasanya yang paling sulit untuk dikalahkan iya bootloop seperti ini yang paling tersulit dimana hal ini terjadi dikarenakan adanya modifikasi file Android sehingga terjadi ketidakseimbangan pada sistem dan akhirnya malah membuat file yang ada pada Android rusak. Umumnya terjadi akibat rooting, mengubah script (font), partisi memori, menghapus aplikasi bawaan original ataupun kesalahan dalam instal custom rom. Cara mengatasinya perlu memakai software yang tepat dan cara flashing yang tepat juga karena setiap android memiliki jenis hardware yang berbeda. Cara flashing juga bergantung berdasarkan jenis chipset yang digunakan pada Android kalian.

Sekian cara mengatasi kerusakan/bootloop pada Android yang dapat saya berikan kepada kalian, bagi yang ingin bertanya tinggal memberi pertanyaan pada kolom komentar, semoga artikel saya dapat memberikan informasi. Bila dirasa berguna dan ingin mendapatkan update artikel pada blog saya bisa bergabung dengan melakukan join this site.




Blog, Updated at: 12:14 AM

0 komentar:

Post a Comment