Film Horor Terbaik Sepanjang Masa

Posted by

Film Horor Terbaik Sepanjang Masa–Setelah kemarin memberikan rekomendasi film bergenre romance terbaik versi gue, nah kali ini gue coba bikin lagi rekomendasi film. Kali ini film yang akan gue berikan rekomendasinya bergenre horor. Mungkin sangat jarang pada sekarang ini film horor yang benar-benar memberikan kesan, apalagi ide yang original. Oleh sebab itu film yang gue rekomendasikan rata-rata film dari tahun jebot. hehehe Oiya list ini merupakan list pribadi dan film yang gue pilih mungkin bukan yang terseram tapi menurut gue film horor gak semuanya dinilai dari seremnya, karena cerita dan tingkat intens yang dihadirkan juga penting untuk membuat film tidak menjenuhkan. sebelom masuk ke daftar film, gue berikan dulu Honorable Mention buat Drag Me To Hell, The Ring, Evil dead, The Descent dan The Conjuring. Berikut Film Horor Terbaik Sepanjang masa versi gue:
5. Poltergeist
http://leonardfresly.blogspot.com/
Film ini berawal dari Carol Anne Freeling (Heather O'Rourke) dikirim untuk tinggal bersama bibinya, Trish Gardner (Nancy Allen), pamannya, Bruce (Tom Skerritt) dan sepupunya yang remaja, Donna (Lara Flynn Boyle). Jadi Carol Anne sengaja dikirim orangtuanya biar bisa bebas dari hantu poltergeist. Poltergeist gak diem gitu aja, dia nyamperin Carol Anne ke Chicago. Hantu yang suka tampil di cermin ini pengen nangkep gadis kecil itu yang memang pernah ditangkep sebelumnya. Carol Anne ketakutan tapi semua orang yang diceritain kalau hantu poltergeist tetep nyamperin dia, gak ada yang percaya. Anne bingung harus meyakinkan mereka sekaligus gak tau lagi cara ngindarin hantu tersebut.

4. The Sixth Sense
http://leonardfresly.blogspot.com/

Kabarnya film ini merupakan film horor dengan penghasilan tertinggi saat ini. Cole anak kecil yang mempunyai sixth sense sangat kaget dan takut karena sering ngeliat hal-hal yang orang lain gak liat. Ibunya yang kasian ketemu ahli psikologi anak, Dr. Malcolm Crowe (Bruce Willis). Dr Malcolm tentunya setuju karena dia ingin membantu anak tersebut, apalagi dia masih diliputi rasa bersalah dimana mantan pasiennya bunuh diri di depannya percis. Dr Malcolm seperti ingin membayar kesalahan pada pasin sebelumnya dengan menolong Cole. Karya terbaik M. Night Shyamalan ini mempunyai twist yang merupakan salah satu twist paling terkenal.

3. Rosemary’s Baby
http://leonardfresly.blogspot.com/

Film yang diangkat dari novel ini digarap oleh Roman Polanski. Gue selalu inget salah satu temen gue kalau ngomongin Polanski, dia sukses mencekoki gue film-film Polanksi dan salah satunya Rosemary Baby ini. Rosemary Baby bercerita tentang suami istri muda, Guy (John Cassavetes) dan Rosemary (Mia Farrow) baru saja pindah ke apartemen baru mereka. Kehidupan hubungan mereka seperti ada yang kurang karena belom mempunyai anak. Suatu waktu tetangga wanita mereka bunuh diri dengan lompat dari apartemen. Wanita yang tewas itu bernama Terry, dia tinggal dengan pasangan suami istri Minnie dan Roman yang juga tidak mempunyai anak.

Sehabis kejadian tersebut hidup keluarga ini menjadi baik, hal yang mereka rindukan seperti terkabul. Guy akhirnya mendapatkan peran yang diimpikannya dimana para pesainya menjadi buta dan Rosemary hamil. Tetapi hal tersebut membuat Rosemary curiga karena selain dia merasa diperkosa oleh makhluk gaib, pasangan suami istri Minnie dan Roman menjadi sangat perhatian terhadapnya, terutama untuk bayinya. Rosemary mendapat petunjuk dari temannya yang telah meninggal kalau Minnie dan Roman merupakan penyihir dan ingin mengambil bayi tersebut dalam kandungan. Kalau Acuannya serem, Rosemary Baby menjadi film paling serem dari 5 list terbaik versi gue.

2.  The Shining
http://leonardfresly.blogspot.com/

Stanley Kubrick dan Stephen King bersatu, jadilah masterpiece pastinya. The Shining merupakan salah satu film paling disukai oleh para pecinta horor. The shining bercerita mengenai Jack Torrance (Jack Nicholson) yang baru mendapatkan pekerjaan baru sebagai penjaga dari hotel mewah yang terletak di pegunungan Rocky Mountain. Sebenarnya hotel tersebut menyimpan peristiwa mengerikan bagi jack dan istrinya 5 tahun lalu. Wendy (Shelley Duvall) dan putranya, Danny (Danny Lloyd) yang ternyata merupakan paranormal ingin tinggal 5 bulan  di hotel tersebut. Danny mulai melihat kejadian yang mengerikan, sementara itu Jack terus diganggu jiwanya sehingga dia menjadi hilang akal sehat. Selain dua nama di awal tadi yang menjadi jaminan mutu betapa hebatnya The Shining, Jack Nicholson pun bermain sangat baik sehingga menaikan kualitas dari film ini.

1.  The Exorcist
http://leonardfresly.blogspot.com/

Film Horor Terbaik versi gue merupakan film tahun 1973 yaitu The Exorcist. Film Horor biasanya tidak mendapat tanggapan positif di dunia Oscar tetapi The Exorcist sukses masuk dalam nominasi Best Picture pada tahun tersebut. Betapa hebatnya The Exorcist sampai memenangi 2 dari 10 nominasi. Film ini bercerita mengenai Chris MacNeil (Ellen Burstyn) yang merupakan artis mempunyai putri tunggal bernama (Linda Blair). Suatu malam Regan tampak resah karena tempat tidurnya bergetar, setelah kejadian tersebut Regan berubah menjadi anak yang suka ngomong kotor dan kejang-kejang. Psikolog pun gak bisa membantu justru membuat Regan semakin menjadi-jadi dengan menyerang fisik orang lain dan dirinya sendiri. Bahkan dia bisa memutar-mutarkan kepalanya.

Chris yang seorang merupakan seorang atheis (Tidak percaya Tuhan) merasa putrinya kerasukan. Ia meminta tolong Damien Karras (Jason Miller), pastur yang juga sebenarnya tengah krisis iman pasca kematian ibunya, Chris ingin Damien melakukan eksorsisme, sebuah ritual kuno pengusiran setan dibawah Gereja Katholik. Damien akhirnya menyetujui melakukan ritual tersebut setelah mendapat ijin dari gereja.

The Exorcist mungkin bukan menjadi film paling serem ketika menontonnya tetapi menurut gue pribadi film ini memberi cerita yang sangat menarik. Selain itu konsep rasa takut yang dihadirkan tidak hanya lewat mistis tetapi juga agama, filosofis dan spiritual. Hal ini pula lah yang membuat The Exorcist sempat mendapat kecaman dari pemuka agama ketika dirilis.




Blog, Updated at: 12:24 AM

0 komentar:

Post a Comment