Cara merawat Baterai Laptop atau Notebook agar awet dan tahan lama

Posted by



Tips baterai laptop awet - Pada postingan kali ini saya akan mengulas artikel tentang cara merawat baterai laptop atau notebook. Cara merawat baterai laptop agar awet dan tahan lama sebenarnya tidak lah terlalu sulit tetapi dituntut kestabilan.


Baterai memang bukan merupakan hal terpenting di dalam laptop atau notebook dibanding hardware-hardware lain yang dirasa lebih sensitif tetapi sebenarnya baterai pada laptop juga mempengaruhi kinerja hardware karena berperan sebagai power supply apalagi jika baterai sudah mengalami kerusakan, maka tentunya laptop atau notebook itu tidak bisa dioperasikan atau hidup kecuali kalau sambil di charge atau terhubung ke listrik. Memang bisa hidup dan dioperasikan tapi sangat beresiko untuk terjadinya kerusakan pada sistem yang lain didalam laptop itu sendiri.

Hasilnya bisa menyebabkan kerusakan pada layar atau screen laptop dan parahnya lagi bisa mengakibatkan hardisk menjadi bad sector. Jika hardisk sudah mengalami bad sector maka laptop atau notebook itu sudah rusak alias harus di servis dan mengganti semua sistemnya dengan yang baru.

1. Jangan Charge Dalam Jangka Waktu Yang Lama Hingga Baterai Kepenuhan Saat Laptop Dalam Keadaan Kondisi Mati

Ini merupakan hal kecil yang sering dilakukan, apalagi ketika kita sedang melakukan charging sambil melakukan aktifitas pada laptop atau notebook sehingga tidak memperhatikan persentase charging, Melakukan charging yang berlebihan selain dapat membuat baterai menjadi panas dapat mengurangi ketahanan baterai bahkan dapat mengakibatkan kerusakan, sebaiknya perhatikan lah persentase baterai ketika kita melakukan charging atau cek lampu berlambang baterai pada laptop apabila sudah berubah menjadi warna kuning (95%)  menunjukan charging sudah cukup.



2. Jangan Melepaskan Baterai Ketika Laptop Akan Dihidupkan

Ini juga yang sering salah di mengerti oleh para pemakai laptop atau notebook, melepaskan baterai ketika ingin menggunakan memang membuat ketahanan baterai laptop tetap baik dan stabil tetapi justru dapat mengakibatkan motherboard rusak

3. Lepaskan Baterai Laptop Jika Laptop Tidak Digunakan Dalam Jangka Waktu Yang Lama


Jika tidak menggunakan laptop atau notebook dalam rentang waktu yang lama lebih dari satu hari bahkan berminggu-minggu dan berbulan-bulan lamanya, maka lepaskan baterainya dari laptop. Hal ini wajib sobat lakukan, pasalnya jika sobat tidak melepaskan baterai dari laptop maka akan menyebabkan terjadinya pemuaian atau karatan atau menjamur pada bagian logam kontak baterai yang terhubung ke laptop atau notebook. Alhasil daya baterai tidak bisa terisi dan tersalur pada laptop dengan sempurna dikarenakan ada hambatan karatan dan jamur pada logam kontak baterai.


4. Bersihkan Logam Kontak Baterai Laptop Secara Berkala Dan Rutin


Bersihkan logam kontak atau logam penghubung baterai laptop secara berkala. Hal ini akan membuat kontak catu daya dari baterai ke laptop menjadi efisien dan tidak terhambat. Bisa menggunakan kain bersih yang dibasahi dengan alkohol untuk membersihkan logam kontak baterai laptop.



5. Lakukan Kalibrasi Baterai Laptop Setiap 30 Kali Charge

Kalibrasi digunakan agar kalkulasi daya baterai laptop tetap akurat, berikut tips dan trik caranya:
  • Charge laptop sampai penuh 100% dan biarkan kabel charge tertancap kurang lebih selama 2 jam sambil gunakan laptop untuk aktifitas atau sekedar membuat makalah atau yang lainnya.
  • Aktifkan system hibernate. Setting agar system hibernate dijalakan otomatis jika baterai laptop sudah habis atau critical battery.
  • Gunakan laptop untuk aktifitas-aktifitas sobat dan tunggu sampai baterai habis dan system hibernate akan dilakukan secara otomatis.
  • Selama proses hibernate diamkan laptop selama kurang lebih 8 jam dengan kondisi baterai tetap tertancap dan terpasang pada laptop.
  • Setelah mencapai 8 jam, kemudian charge laptop hingga sampai penuh, namun laptop dalam kondisi masih hibernate atau belum dihidupkan.
  • Agar tidak perlu repot-repot menghitung berapa kali  men-charge baterai laptop, bisa menggunakan software battery care. Karena software ini akan mencatatnya secara otomatis hingga looping keberapa sobat men-charge baterai laptop. Silahkan sobat kunjungi situs resminya www.batterycare.net

6. Pastikan Bahwa Ada Udara Yang Bebas Mengalir Dan Bersirkulasi Dengan Baik Melalui Laptop


Baterai laptop cenderung bekerja lebih berat ketika sistem pendingin laptop tidak memadai. Hal ini biasanya ditandai dengan suara kipas yang keras berputar sebagai sistem pendingin laptop, jika kipas bekerja dan berputar secara berlebihan maka laptop jadi panas dan baterai laptop juga dapat di pastikan akan cepat terkuras dayanya. Jadi pastikan bahwa fungsi kipas pendingin bekerja dengan benar dan normal. Saran saya gunakan Cooling Pad atau kipas dibawah laptop sebagai tambahan sistem pendinginan laptop.




Blog, Updated at: 12:15 AM

0 komentar:

Post a Comment