Cara mengatasi Laptop terkena air

Posted by

Cara Mengatasi Laptop Terkena Air- Pada postingan kali ini saya akan memberi informasi mengenai cara agar Laptop yang terkena air tidak rusak, Laptop di jaman sekarang mungkin bukan lagi menjadi barang yang mewah, bertambahnya pengguna Laptop berbanding lurus dengan banyaknya kecelakaan atau human error yang membuat kerusakan pada Laptop.Salah satu kecelakaan yang paling sering dilakukan adalah ketumpahan cairan seperti Air, kopi, teh, kuah bahkan terkena air hujan yang terserap lewat tas kita. Perlu kita ketahui bahwa cairan dapat menghantarkan listrik, sehingga pada saat Laptop ketumpahan cairan, hubungan positif dan negatif bisa bersatu yang mengakibatkan short sehingga dapat merusak komponen disekitar korsleting. Biasanya yang diserang adalah komponen power. Korsleting hanya dapat terjadi pada saat komponen dialiri listrik jadi kemungkinan terjadinya korsleting pada saat Laptop dalam keadaan mati sangat kecil sekali.


Sekarang saya berikan hal-hal yang harus dilakukan ketika laptop terkena air:
1. Lepaskan baterai, ketika Laptop dalam keadaan hidup buka juga LCD sampai maximal terbuka lalu posisikan laptop terbalik biarkan beberapa jam atau lebih lama lebih baik. sehingga cairan yang sudah terlanjur masuk mengalir dapat keluar. 

2. Lepaskan keyboard , jemurlah keyboard ditempat yang tidak terlalu panas dalam keadaan terbalik. Jika cairan lengket, bersihkan selah selah keyboard dengan menggunakan air.jangan ditekan. kemudian jemurlah seperti cara diatas beberapa jam lalu keringkan dengan menggunakan kipas angin satu malam. Pada saat proses pengipasan tekanlah setiap tuts untuk menghindari adanya uap yang tertinggal pada fleksibel yang menyebabkan keyboard menjadi tidak berfungsi atau pun mendem. 

3. Keringkan bagian laptop dalam posisi berdiri menyamping.dengan posisi fentilasi fan dibagian bawah untuk meyakinkan sisa sisa cairan dapat keluar dari fentilasi tersebut. 

4. Pasang kembali semua bagian,tanpa mengunakan battery sambungkan listrik dari adapter, jangan langsung dihidupkan, perhatikan gejala-gejala yang timbul. Coba rasakan apa ada bau hangus yang terjadi pada Laptop, apabila ada lepaskan koneksi power dan keringkan kembali seperti tahapan diatas untuk beberapa waktu.semakin lama semakin baik. Kemudian ulangi tahapannya. Apabila sudah tidak ada indikasi bau ataupun hal hal yang mencurigakan.Lepaskan hubungan listrik kemudian pasang battery. Lihat reaksinya, jika tidak ada indikasi yang mencurigakan sambungkan listrik dan perhatikan Lead lampu battery indikator menyala atau tidak, jika menyala hidupkan laptop anda dan tetap memperhaikan bau atau indikasi lainnya untuk beberapa saat. 

5. Jika ternyata masih ada indikasi yang mencurigakan, sebaiknya langsung hubungi Service Centre terdekat untuk mencegah kerusakan yang lebih parah. 

Semoga Informasi yang saya berikan dapat membantu yang sedang mengalami kecelakaan pada Laptopnya. Baca juga Sejarah Tentang Komputer. 



Blog, Updated at: 12:34 AM

0 komentar:

Post a Comment