Cara memperbaiki android tidak nyala

Posted by

Cara Memperbaiki Android tidak nyala – Jangan panik dulu ketika kita mengalami situasi dimana gadget Android kita tidak dapat menyala. Memang dalam penggunaanya terkadang kita menemui error-error dan hal ini kerap mengakibatkan Android tidak mau menyala. Tapi jangan langsung mengira tidak dapat menyala artinya Android rusak dan jadiin ganjelan pintu aja. Hehehe sebenarnya hal ini kerap terjadi  karena ada beberapa perangkat seperti hardware atau software bermasalah. Oke langsung saja saya akan berikan beberapa tips untuk memperbaiki Android yang tidak dapat menyala:

http://leonardfresly.blogspot.com/


Cas atau Charging
Cara pertama yaitu Cas atau charging. Jangan salah memang terkadang kita suka lupa kalau sebenarnya gadget kita telah habis baterainya. Kalau mengalami masalah seperti ini iya ada baiknya kita lakukan dulu Cas atau Charging semoga saja dapat menyala dan memang hanya mengalami baterai habis. Yang merasa androidnya cepat banget habis baterai berkunjung kesini untuk mendapatkan informasi mengenai aplikasi penghemat baterai untuk Android.

Tekan Tombol On atau Lepas Baterai
Bila melakukan charge atau cas tidak terdapat perubahan. Coba dengan Menekan Tombol On atau lepas baterai. Cara yang paling mudah ialah dengan mencopot baterai, lalu tunggu hingga beberapa saat kemudian, lalu masukkan baterai kembali seperti biasanya dan tekan tombol Power untuk menyalakan. Dengan melakukan cara ini android akan memutus semua sistem power yang mengalir ke android. Kasus seperti ini utamanya akan membantu pada perangkat dengan baterai yang bisa dilepas. Bagi kalian yang memiliki android dengan perangkat baterai yang tidak bisa dilepas coba untuk menekan tombol power selama 15 detik.

Kembali ke Pengaturan Awal dari Recovery Mode
Apabila android kalian bisa menyala dan boot dengan normal, tetapi bermasalah biasanya akibat proses boot gagal, freeze atau reboot, Jika kalian sedang mengalami masalah booting Android atau bootloop, maka bisa menggunakan menjalankan factory reset atau kembali ke pengaturan awal. Semua data yang ada di android akan hilang dan kembali seperti saat pertama kali. Perlu di ingat cara ini hanya terjadi apabila kondisi android kalian benar-benar mengalami kondisi kerusakan software.
Pertama-tama, akses android ke mode recovery.  Lalu matikan Android, setelah itu booting dengan menekan kombinasi tombol berikut :
Tahan tombol Volume Up + Volume Down + Power.
Tahan tombol Volume Up + Home + Power.
Tahan tombol Home + Power.
Tahan tombol Volume Up + Camera.

Pilih saja salah satu Kombinasi tombol diatas ,karena setiap android berbeda-beda. Android akan booting dan akan menampilkan gambar robot Android dengan panel terbuka di bagian dada apabila proses ini berhasil. Gunakan tombol Volume up dan down untuk memilih setiap menu. lalu setelah pilihan Recovery Mode tampil di layar. Tekan tombol Power untuk menjalankan recovery mode.Tahan tombol Power dan tekan Volume up. Pilih wipe data/ factory reset dengan menggunakan tombol Volume up dan down. Tap Power untuk memilih. Pilih Yes dan tap Power untuk melanjutkan. Selesai

Sekian Cara Memperbaiki Android tidak nyala yang dapat saya berikan kepada kalian. Bagi yang ingin bertanya atau menambahkan bisa melakukannya pada kolom komentar, semoga artikel saya dapat memberikan informasi. Bila dirasa berguna dan ingin mendapatkan update artikel pada blog saya bisa bergabung dengan melakukan join this site.




Blog, Updated at: 2:01 AM

0 komentar:

Post a Comment