Cara Membuat Bootable Flash Disk Windows 7

Posted by

Cara Membuat Bootable Flash Disk Windows 7 – Cara yang akan saya berikan ini akan sangat berguna ketika ingin melakukan Install Ulang Sistem Operasi Windows. Karena selain CD installer, Anda juga bisa menggunakan Flash disk sebagai bootable windows. Tapi tentu syaratnya Anda harus memiliki terlebih dulu.

Memiliki Flash Disk bootable memang sangat penting, terutama jika Anda adalah pengguna Netbook yang tidak terdapat CD ROM internal dan tidak memiliki CD ROM Eksternal. Menggunakan USB bootable untuk menginstal sistem operasi (OS) tidak hanya membuat instalasi lebih cepat, tetapi juga dapat menyimpan file instalasi yang sangat besar yang biasanya disimpan dalam DVD. Caranya pun sebenarnya mudah tapi banyak dari kita masih tidak peduli, sampai nanti merasa sangat membutuhkan. Berikut tutorial Cara Membuat Bootable Flash Disk Windows 7.
Note : Cara ini untuk Windows 7 dan Vista, tidak dapa di gunakan untuk Windows XP
http://leonardfresly.blogspot.com/2015/03/cara-membuat-bootable-flash-disk.html

Cara Membuat Bootable Flash Disk Windows 7
  • Flash Disk yang diperlukan minimal harus memiliki ruang kosong penyimpanan sebesar 4 GB, karena ini nantinya yang akan di buat menjadi Bootable Flash Disk.
  • Setelah memasukan flash disk tersebut, buka Command Prompt, caranya klik Start dan ketik CMD dalam kotak search lalu tekan Enter atau Anda bisa juga dengan cara Start >All programs > Accessories > klik kanan pada Command Prompt dan pilih Run As Administrator.
  • Pada Command Prompt, perintah harus dalam bentuk tulisan. ketik: DISKPART lalu klik Enter
  • Berikutnya Ketik : LIST DISK lalu klik Enter dan SELECT DISK 1 lalu klik Enter
  • Ketik CLEAN lalu klik Enter, berikutnya ketik CREATE PARTITION PRIMARY klik Enter, lalu SELECT PARTITION 1Â klik Enter, dan ketik ACTIVE lalu klik Enter
  • Selanjutnya ketik FORMAT FS=FAT32 lalu klik Enter. Proses ini biasanya memerlukan waktu cukup lama, karena Flash Disk sedang melakukan formating
  • Lalu ketik ASSIGN klik Enter. Dan EXIT klik Enter
  • Masukkan DVD Windows dalam drive optik dan copy isi DVD Windows ke dalam USB.
  • Selesai, sekarang Flash Disk Anda telah menjadi bootable dan dapat di gunakan untuk melakukan proses instal ulang

Sekian Cara Membuat Bootable Flash Disk Windows 7 yang dapat saya berikan kepada kalian. Bagi yang ingin bertanya atau menambahkan bisa melakukannya pada kolom komentar, semoga artikel saya dapat memberikan informasi. Bila dirasa berguna dan ingin mendapatkan update artikel pada blog saya bisa mengikuti lewat email.


Blog, Updated at: 12:09 AM

0 komentar:

Post a Comment