Cara memperbaiki kartu memory pada android

Posted by

Cara Memperbaiki Kartu Memori pada Android – Untuk pemakai android yang gemar dengan aplikasi atau game-game pastilah tidak asing dengan Memory Eksternal atau yang biasa di sebut Sd card (secure digital). Sesuai namanya Memory Eksternal merupakan memory tambahan  diluar internal yang sizenya biasanya mencapai 2 sampe 4x lipat dri memory internal. Kebutuhan akan memory eksternal sebenarnya dapat dijadikan tolak ukur kesuksesan bagi android sendiri, karena dengan dibutuhkan memory-memory berdaya tampung besar itu berarti aplikasi-aplikasi dan game-game yang terdapat pada OS android banyaklah diminati. Memang dijaman sekarang sebuah kesalahan jika menggunakan android hanyak untuk sekedar alat berkomunikasi. Android dapat dimaksimalkan seperti untuk menonton film atau bermain PSP sekalipun. Aduh mohon maaf saya mulai menyimpang, kenapa jadi membahas kegunaan android. Update kali ini saya ingin membahas mengenai cara memperbaiki kartu memory pada android.

Loh emang SD card bisa rusak ? Semakin banyaknya permintaan akan SD card, otomatis membuat para perusahaan yang memproduksi SD card jadi semakin menekan harga agar bisa menjualnya secara murah tapi juga membuat kualitas menjadi buruk. SD Card seperti ini memiliki kelemahan-kelemahan yaitu memory tidak terbaca dan tidak terdeteksi.Nah kali saya akan memberikan tips-tips cara mengatasi error atau kerusakan pada memory card. Semoga tips dari saya dapat membantu.
http://leonardfresly.blogspot.com/


Tips cara memperbaiki kartu memory pada Android:

Membersihkan Kartu memory card dari debu-debu, Caranya:
1. Pertama-tama tentunya kita harus mengeluarkan SD Card dari Android (matikan android sebelum membukanya).
2. Sekarang kita bersihkan SD card yang berwarna emas, bersihkan secara perlahan pakai tisu atau dengan penghapus, lalu coba masukan kembali memory card ke android kalian.

Membersihkan Kartu memory dari file yang rusak atau kotor, Caranya:
Kali ini kita tidak usah membuka kartu memory, tinggal masuk ke menu Setting/ pengaturan > storage / penyimpanan. Pilih menu Erase SD Card.

Memperbaiki kartu memory dengan mengecek error dari laptop/komputer, Caranya:
1. Hubungkan Android ke laptop atau PC dengan kabel data. Dan masuk dengan menu Mass storage mode (MSC).
2. Buka Explorer, klik kanan pada drive kartu memory, pilih Properties > Tools > Error Checking, setelah selesai Eject kartu memory dan cek kembali pada android kalian.

Bila masih gagal dengan cara ketiga tadi, ini tips terakhir yang bisa saya informasikan. Memformat ulang kartu memory dengan laptop/PC. Caranya:
1.Lakukan Back-up dulu terhadap data-data.  Copy semua data yang ada dalam memory card ke dalam satu folder laptop/komputer.
2. Setelah itu format ulang dengan mengklik kanan pada memory card. Setelah selesai kembalikan data yang tadi kedalam memory card.

Sekian Cara Memperbaiki Kartu Memori pada Android yang dapat saya berikan kepada kalian. Bagi yang ingin bertanya atau menambahkan bisa melakukannya pada kolom komentar, semoga artikel saya dapat memberikan informasi. Bila dirasa berguna dan ingin mendapatkan update artikel pada blog saya bisa bergabung dengan melakukan join this site.

.


Blog, Updated at: 12:16 AM

0 komentar:

Post a Comment