kenangan masa kecil bersama shevchenko

Posted by

Shevchenko! bagi penikmat sepakbola pada medio 90an pasti sering mendengar namanya, medio dimana serie A masih menjadi liga penguasa dan liga inggris belumlah segemerlap sekarang, awal perkenalanku dengan sepakbola memang bukanlah dari shevchenko, kali pertama aku menonton sepakbola langsunglah disuguhkan pertandingan akbar bertajuk final piala dunia antara prancis vs brazil, dimana ayahku yang sebenarnya merupakan glory hunter brazil karena keberadaan ronaldo mengumpat dengan gaya bataknya yang khas karena andalannya itu seperti mati kutu di pertandingan yang seharusnya menjadi klimaks, aku yang saat itu baru berumur 5 tahun terbangun mendengar umpatannya dan mulai ikut menonton pertandingan itu tetapi disitu aku belumlah dapat menikmati sepakbola, barulah pada tahun 1999 aku tidak sengaja menonton pertandingan ac milan, aku melihat striker yang saat itu juga aku baru tau kalau dia baru bergabung di team ini. Iya, shevchenko namanya, aku langsung tertarik dengan permainannya, gaya dia berlari yang seperti berjoget tetapi merupakan salah satu keunggulannya, cara dia menipu lawan serta sundulannya yang meski terlihat aneh tapi sering akurat membuat kiper mati langkah. Can can nama panggilannya selain sheva semakin membuatku cinta akan sepakbola dan secara langsung tentunya menjadi fans acmilan atau yang kita kenal sebagai milanisti, di tahun pertamanya itu sheva langsung menjadi topskor di liga yang terkenal mempunyai defense yang rapat dengan 24 gol, salah tiga golnya dibuat saat berhadapan dengan lazio yang ketika itu dikawal oleh salah satu defender terbaik italy sekaligus bandiera team tersebut alesandro nesta, saya ingat betul ketika itu sheva memenangkan duel dengan nesta dan berhasil mengalahkannya dalam duel lari percis seperti ketika dia memperdaya puyol di camp nou saat milan berhasil mengalahkan barcelona. Seperti anak-anak lainnya aku kecil pun waktu itu mulai memainkan sepakbola bersama teman dan aku berjuang keras menirukan shevchenko saat bermain tarkam di kampungku dari gaya lari dan selebrasinya, aku sangat senang karena setiap aku bermain sepakbola temanku selalu memanggilku dengan panggilan sheva, saat aku smp aku semakin penasaran dan tak sengaja melihat buku bergambar shevchenko di toko buku, aku bertanya kepada petugas dia bilang itu merupakan buku keluaran khusus mengenai sheva, aku takut meminta orang tua ku untuk membelikan buku itu karena harganya sama dengan uang jajanku sebulan, aku pun berjuang keras mengumpulkan duit untuk membeli bukunya itu buku pertama yang aku beli memakai duit sendiri, aku langsung melahapnya dalam 1 hari dan saat membaca aku semakin senang karena pemain idolaku itu merupakan pribadi yang berhasil menginfluenceku, iya saat itu aku masih menjadi remaja labil kalu tidak mau disebut alay (hey kita semua memang pernah menjalani masa itu) untuk menyukai sejarah, eropa timur, valery lobanovsky dan agama, sheva memang terkenal merupakan salah satu pemain yang agamais. Iya aku tumbuh besar dengan shevchenko, sosok yang bukan hanya mempengaruhiku dalam bermain sepakbola (meski tak pernah berhasil) tetapi juga sedikit banyak mempengaruhiku dengan kehidupan pribadinya. Terima kasih sang kaisar telah menemani masa kecilku


Blog, Updated at: 8:17 AM

0 komentar:

Post a Comment