Penyebab Smartphone Android tidak dapat mengisi baterai

Posted by

Penyebab Smartphone Android Tidak Dapat Mengisi Baterai – Saat sedang sangat dibutuhkan tiba-tiba baterai smartphone android kita tidak dapat melakukan pengisian baterai atau charging. Hal tersebut tentu membuat kita panik dan biasanya langsung membeli charger atau baterai baru. Memang hal itu sangat baik tapi juga boros uang tentunya, karena sebenarnya belum tentu charger atau baterai ponsel kita rusak. Oleh sebab itu ada baiknya kita coba dulu melihat penyebab-penyebab apa saja sih yang bisa menyebabkan ponsel android tidak melakukan pengisian baterai, agar dapat melakukan pencegahan maupun membenarkannya. Oke langsung saja saya akan berikan penyebab-penyebab Smartphone android tidak melakukan pengisian baterai:

http://leonardfresly.blogspot.com/

Kabel Charger USB Rusak
Kabel charger USB pada smartphone android memang sangat mudah rusak. Biasanya rusak terjadi akibat kabel tidak sesuai atau dapat dikatakan longgar. Ini terjadi akibat kita melakukan penarikan yang cukup keras saat hendak mencabut charger. Cara mengatasi error pada kondisi ini bersihkan port micro USB secara perlahan di smartphone dan kabel karena tidak jarang pula port USB charger mengalami kotor yang menyebabkan terganggu dalam melakukan pengisian baterai. Selain itu pada beberapa model smartphone memiliki unit kepala charger dan kabel yang terpisah. Pastikan terlebih dahulu bagian mana yang bermasalah. Kepala charger biasanya lebih awet, kabel lebih mudh rusak. Kenapa kabel lebih mudah rusak? Ini banyak yang masih salah paham, kabel tidak baik ketika digulung maupun ditekuk. Banyak dari kita melakukan hal tersebut untuk membuat terlihat lebih rapi padahal hal tersebut menyebabkan kabel charger USB lebih rentan rusak.

Permukaan Port Micro USB Kotor
Debu, kotoran dan sisa serbuk makanan bisa masuk ke dalam port micro USB smartphone, ini jug biasanya menyebabkan ponsel android tidak melakukan pengisian baterai. Ada baiknya kita menaruh charger ditempat yang bersih dan lakukan tiupan ke sela-sela charger untuk membuat noda keluar.

Mengisi Daya Tidak Pada penghantar listrik biasa
Smartphone android memang di desain lebih flexible. Dapat melakukan charging dengan PC atau laptop,tapi hal ini pula lah yang bisa menyebabkan baterai rusak. Karena ketika kita melakukan pengisian dengan PC atau laptop maupun kabel charger yang bukan semestinya (biasanya kabel ini bewarna hitam) memang tetap dapat melakukan pengisian baterai tapi hal ini akan memakan waktu yang lama bisa mencapai 4 jam. Ini yang menyebabkan baterai menjadi rusak, oleh sebab itu sangat tidak dianjurkan untuk melakukan pengisian baterai dengan ditinggal tidur, karena baterai yang seharusnya selesai charge dalam waktu 2 jam tapi bisa menjadi 6-8 jam.

Baterai Sudah Harus Diganti / gelembung
Ini efek dari hal yang telah saya jelaskan diatas yaitu baterai menjadi gelembung. Selain harus membeli baterai baru, untuk kalian yang masih belum mempunyai dana bisa melakukan cara dengan membuka dan mengambil baterai terlebih dahulu. Setelah itu gosok dengan kain secara perlahan terus menerus seperti mengasah benda tajam. Hehehe dan biarkan baterai dulu selama 2 jam, kalau sudah baterai boleh dimasukan lagi ke dalam android.

Sekian Penyebab Smartphone Android Tidak Dapat Mengisi Baterai dan Cara mencegahnya yang dapat saya berikan kepada kalian. Baca juga Cara memperbaiki Kartu Memory Android. Bagi yang ingin bertanya atau menambahkan bisa melakukannya pada kolom komentar, semoga artikel saya dapat memberikan informasi. Bila dirasa berguna dan ingin mendapatkan update artikel pada blog saya bisa bergabung dengan melakukan join this site.











Blog, Updated at: 12:23 AM

0 komentar:

Post a Comment