Cara merubah Status bar Android

Posted by

Cara Merubah Status Bar Android – Namanya juga Android diapain pun bisa asal ngerti & masih normal. Begitu kata-kata dari teman saya yang hatam dengan robot hijau ini. Hehehe, tampilan status  bar pun banyak yang merasa kaku atau bisa dikatakan jelek dari bawaan oleh sebab itu semakin banyak yang ingin melakukan edit status bar sendiri untuk membuat tampilan menjadi “kita banget”. Bagi yang belum tahu ada baiknya saya jelaskan dulu apaan sih itu status bar, Status Bar adalah tempat interface pada smartphone yang memiliki fungsi untuk menampilkan pemberitahuan, icon battery, sinyal, jam/tanggal, dan Aplikasi yang sedang aktif seperti BBM. Nah udah pada tau kan? Mau juga untuk mengubah status bar smartphone kalian tapi belom mengerti caranya ? Sekarang akan saya berikan tutorial mengenai cara merubah status bar, pantengin aja secara seksama biar gak salah.

Langkah-langkah Merubah Status Bar Android


Saat ingin mengubah status bar pada android sebenarnya bisa dilakukan dengan dua cara yaitu secara manual ataupun dengan bantuan aplikasi. Dan cara yang akan saya berikan sekarang ini dengan menggunakan aplikasi. Tapi yang lebih penting dari itu ada baiknya kita melakukan backup data terlebih dahulu agar tidak terjadi hal yang gak enak seperti ilangnya data. Oiya sebelum saya berikan cara-caranya ada beberapa syarat untuk melakukan tutorial ini, yaitu:
  • Android kalian harus memiliki aplikasi Xposed Framework dan XblastTools, kalian bisa mendapatkannya disini dan disini.
  • Selain itu smartphone kalian juga harus telah melakukan proses Root.

 Oke sudah memenuhi syarat ? sekarang masuk ke tips cara-cara merubah status bar di Android:

Setelah mengunduh 2 aplikasi tadi, sekarang install kedua aplikasi Xposed Framework dan Aplikasi XblastTools di android kalian. Setelah itu masuk ke Aplikasi Xposed Framework.

Lalu pilih module kemudian centang / ceklis xblast tool. jika sudah di centang / ceklis, kembali ke framework kemudian pilih install / update  setelah itu pilih rebootNah saat ini anda tinggal melakukan perubahan status bar sesuai yang diinginkan, sebagai penjelesan saya berikan dibawah ini:
  • Status bar transparan => buka aplikasi xposed framework kemudian pilih modules => xblast tool => statusbar => ceklis "Status bar background colour". Anda tinggal geser ke kanan dan ke kiri untuk menyesuaikan transparan. jika sudah, kembali ke framework kemudian pilih instal / update lalu reboot.
  • Background setting transparan => buka aplikasi xposed framework kemudian pilih modules => xblast tool => visual tweaks => pilih Holo Themes, Dark Themes, Ceklis Enable Holo Dark Theme selanjutnya pilih Holo Dark background image lalu pilih gambar yg mau anda pakai buat background. jika sudah sama seperti tadi kembali ke framework pilih instal / update lalu reboot.
  • Speed indicator status bar => buka aplikasi xposed framework kemudian pilih modules => xblast tool => status bar => pilih network speed indicator lalu ceklis network speed indicator. jika sudah, kembali ke framework lalu pilih instal / update kemudian reboot.
  • Ganti tampilan lockscreen => buka aplikasi xposed framework kemudian pilih modules => xblast tool => pilih XlockY lalu ceklis enable xlocky setelah itu pilih lockscreen lockring icon. Ada beberapa macam icon locksreen yang tersedia dan tinggal anda pilih yang disuka atau pilih Custom untuk membuat foto / image icon locksreen anda sendiri. jika sudah, kembali ke framework pilih instal / update kemudian reboot.
Sekian Cara Merubah StatusBar Android yang dapat saya berikan kepada kalian. Baca juga Cara Merubah Navbar Android. Bagi yang ingin bertanya atau menambahkan bisa melakukannya pada kolom komentar, semoga artikel saya dapat memberikan informasi. Bila dirasa berguna dan ingin mendapatkan update artikel pada blog saya bisa bergabung dengan melakukan join this site.


Blog, Updated at: 12:15 AM

0 komentar:

Post a Comment